Permata Gotik Umbria

Wine-dinner

Saya punya dua hal penting untuk diceritakan tentang Orvieto. Pertama, ini adalah salah satu tempat liburan favorit saya di Italia. Kota ini lebih dari sekedar bukit, lebih dari sekedar tujuan anggur. Orvieto mengambang di atas lembah Umbria hijau, bertengger di atas tonjolan tufa yang terlihat seolah keluar dari Tolkien’s Middle Earth. Begitu Anda berada di Orvieto, Anda akan menyadari bahwa Anda telah tiba di tempat yang sekaligus mistis dan bersejarah, berangkat dari hiruk pikuk Roma dan Florence, namun merupakan bagian dari sejarah dan budaya anggur Italia. .

Kedua, hujan di Orvieto. Seringkali, sebenarnya. Karena berjalan adalah cara terbaik untuk berkeliling, Anda perlu tahu tentang hujan. Anda juga perlu tahu bahwa hujan seharusnya tidak menghalangi Anda dari katedral Orvieto, masakan, atau anggur.

Orvieto membuat daytrip besar atau singgah akhir pekan, entah Anda datang dari Roma atau Florence. Orvieto naik kereta ringan 1 ½ jam dari kota manapun. Jika Anda bepergian dengan mobil, Anda bisa melaju ke perkebunan anggur di pedesaan. Namun, Anda harus memarkir mobil Anda di stasiun kereta saat Anda melihat-lihat di kota. Ini layak dilakukan; Kunci saja semua barang di bagasi (bahkan peta dan pensil liar), bayar tukang parkir dan naik bus atau digerakkan ke sana sampai ke kota.

Begitu sampai di Orvieto, Anda akan tahu mengapa memiliki mobil adalah cacat. Orvieto, yang berasal dari zaman Etruska, dibangun di atas steker tufa besar yang naik lurus dari dasar lembah. Kota kecil dan parkir hampir tidak ada. Orvieto dibuat untuk berkeliaran, bukan untuk mengemudi.

Jika Anda berencana untuk menghabiskan satu hari di Orvieto, Anda pasti ingin menuju ke katedral (“duomo”). Keajaiban gothic ini memang terkenal. Katedral ini memiliki fasad berwarna cerah, baru-baru ini dipulihkan dengan perhatian penuh kasih. Fasad, yang dirancang sebagian besar oleh Lorenzo Maitani, hampir melompat ke arah Anda dengan warna biru cerah, emas yang berkilau, dan semua pecinta ukiran gaya gothic inginkan. Martir, orang berdosa, menara, kaca patri – semuanya ada di sana, dengan detail yang menakjubkan dan mudah diakses.

Jangan lupa masuk ke katedral, karena lukisan dinding Luca Signorelli layak untuk dilihat. Di kapel San Brizio, dia telah menciptakan sebuah adegan Penghakiman Terakhir yang akan menakut-nakuti dosa dari Anda, lengkap dengan setan-setan yang mengerikan dan meraung-raung. Di seberang gereja, kapel “corporale” dimaksudkan untuk mengarahkan pengunjung kembali ke tempat suci. Menurut tradisi Katolik, seorang imam yang meragukan kehadiran Kristus yang sebenarnya dalam Ekaristi melihat tuan rumah meneteskan darah saat dia mengucapkan Misa di dekat Bolsena. Dia menangkap sebagian darahnya di atas “kopen”, atau kain altar, dan membawa kain itu ke Orvieto. Kapel berisi peti mati yang indah untuk kain dan lukisan dinding oleh di Prete yang menceritakan tentang keajaibannya.

wacky-wine

Jika Anda menyukai gua dan misteri, pertimbangkan untuk mengikuti tur “Orvieto Underground”. Soket tufa tempat Orvieto penuh terowongan yang berasal dari zaman Etruscan. Anda dapat melakukan tur terowongan jika Anda menghubungi Orvieto Underground.

Saint Patrick’s Well juga patut dikunjungi. Sumur abad ke-16 ini dibangun untuk memastikan bahwa kota tersebut memiliki cukup air untuk mengepungnya. Keledai sial menyeret air dari dasar sumur ke piazza melalui dua tangga spiral. Setelah turun ke sumur, naiki Torre del Moro untuk melihat Orvieto dari mata burung.

Orvieto terletak di Strada dei Vini Etrusco-Romana, atau Etrusco-Roman Wine Trail. Orang telah menciptakan anggur di sini selama lebih dari 2.500 tahun. Daerah ini memang terkenal dengan anggur putihnya, termasuk Orvieto DOC, Orvieto Classico DOC, tumbuh di wilayah ini sejak zaman kota Etruscan, dan Orvieto Classico Superiore DOC. Beberapa kilang anggur juga memproduksi anggur merah, termasuk DOC Rosso Orvietano dan DOC Lago di Corbara.

Jika Anda hanya berkunjung pada hari itu, pergilah ke Enoteca Regionale di Palazzo del Gusto, Via Ripa Serancia 1 (maaf, situs web hanya di Italia), telepon 0763/393529. Anda bisa mengikuti tur dengan tastings satu atau dua anggur lokal, dengan atau tanpa tastings produk regional, dengan biaya 5 – 18 Euro.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *